Cara Membuat Resume Mudah dan Singkat

Resume atau ringkasan merupakan salah satu upaya untuk membuat bagian inti dari sebuah bagian yang panjang. Misalnya saja resume yang berasal dari sebuah karangan buku atau resume untuk membuat data diri saat melamar kerja. Dalam hal ini tentu saja resume memiliki banyak jenisnya tergantung dari kebutuhan. Cara membuat resume sangat mudah yang terpenting bisa memahami inti dari sebuah tulisan atau bagian yang akan dijadikan ringkasan atau resume tersebut. nah disini akan dijelaskan beberapa langkah yang bisa anda lakukan dalam membuat sebuah resume, apa saja sih  yang harus dilakukan?


Meskipun hal ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan, namun terkadang ada sebagian orang yang merasa kebingungan untuk membuat resume tersebut. Bahkan kesalahan dalam membuat resume untuk lamaran kerja terkadang membuat hasilnya tidak begitu optimal. Nah jangan sampai anda salah dalam membuat resume tersebut karena nanti  bisa fatal akibatnya bahkan bisa membuat anda malah gak diterima kerja karena resume lamaran anda tak benar alias salah. Nah mengantisipasi hal itu, sebaiknya  memang anda ketahui cara membuat ringkasan yang baik dan benar seperti  apa.

Langkah dan Cara Membuat Resume

Dalam membuat resume tentu saja ada beberapa hal dan langkah yang harus dipahami. Anda harus memperhatikan cara membuat resume yang baik dan tentu saja enak dibaca dan mudah untuk dimengerti. Simak beberapa langkah untuk membuat resume berikut ini!

#Langkah Pertama

Langkah pertama baca dan pahami naskah yang akan dijadikan ringkasan atau resume. Anda harus benar benar paham inti dari isi dari naskah tersebut sehingga bisa menuangkan dalam sebuah rangkuman yang singkat, padat, jelas dan mudah dimengerti.

#Langkah Kedua

Siapkan catatan kecil untuk mencatat gagasan utama dari sumber bacaan yang akan dijadikan resume. Pahami dengan baik dan catat poin poin pentingnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa resume bertujuan untuk mempermudah dalam memahami instisari sebuah bacaan sehingga resume harus disajikan dengan sebaik mungkin.

#Langkah Ketiga

Jika sudah paham mengenai ide atau gagasan utama dari resume tersebut maka mulai menulis resume tersebut. Jangan berbelit belit dalam menulis resume dan langsung saja ke intinya. Resume menyajikan sebuah isi atau ringkasan yang sangat padat dan jelas sekali.

#Langkah Keempat

Baca kembali resume atau ringkasan yang Anda buat. Pastikan bahwa resume yang Anda buat sudah mencakup isi yang sangat ringkas dan bisa dimengerti dengan mudah oleh pembaca.

Beragam Jenis Resume yang Biasa Dibuat

Nah pertama-tama anda harus tahu bahwa sebetulnya ada banyak sekali jenis  resum yang bisa anda buat. Karena ada banyak, maka sebetulnya cara yang harus dilakukan untuk membuat itu kadang ada sedikit berbeda namun secara umum sama saja. nah apakah anda tahu apa saja jenis yang dimaksud dan bagaimana poin dalam cara yang bisa dilakukan? Anda  bisa simak beberapa penjelasannya dengan detail sebagai berikut:

·         Cara membuat resume jurnal – dalam meresume jurnal, anda harus temukan beberapa poin penting saja, bahkan dari lihat abstrak aja anda sudah ada gambaran.

·         Cara membuat resume buku – kalau mau review buku, maka ada  banyak bagian yang harus anda cek mulai bab, dan poin lainnya.

·         Cara membuat resume lamaran kerja – nah kalau ini fokus  saja pada prestasi dan pengalaman  anda.

·         Contoh resume makalah – makalah sama dengan jurnal, anda harus mulai dari masalah, metode, sampai penutup.

·         Contoh Resume Buku Pdf – nah sama saja hanya format file yang diresume adalah dalam bentuk pdf.

·         Contoh resume seminar – kalau seminar anda harus ikuti dari awal dan catat pembicaraan speaker.

·         Contoh resume video – anda harus tonton dulu videonya lalu kemudian simpulkan.

·         Contoh resume kegiatan – anda ikuti kegiatannya dan tulis hal –hal penting.

Cara membuat ringkasan atau resume memang tidak begitu sulit jika sudah paham dengan inti inti dari sebuah bacaan atau naskah. Jika belum paham dengan inti dari sebuah bacaan maka sebaiknya baca berulang ulang agar resume yang Anda buat tentu saja bisa mencakup isi yang sangat lengkap, jelas dan padat.

Berbeda dengan resume naskah atau bacaan, adapun untuk resume lamaran kerja juga sebaiknya lebih fokus pada poin poin penting dan jangan banyak halaman. Resume untuk lamaran kerja sebaiknya menyajikan data data penting. Resume untuk lamaran kerja sebaiknya disajikan hanya satu halaman saja yang mencakup data lengkap. Nah, cara membuat resume untuk naskah dan lamaran kerja tentu saja sangat mudah.