Cara Membuat Company Profile Paling Lengkap

Profil perusahaan sangat penting adanya baik perusahaan besar ataupun kecil. Profil perusahaan ini banyak sekali guna dan manfaat nya baik untuk promosi, pengajuan pinjaman, kerjasama, syarat gabung dengan komunitas, penawaran investasi ataupun hal lainnya. Cara membuat company profile tidaklah sulit, hanya saja ada beberapa hal yang memang harus anda perhatikan ketika membuatnya. Nah jika  anda memang merasa belum tahu bagaimana cara membuatnya, maka disini akan dijelaskan beberapa caranya yang memang paling tepat.


Setiap perusahaan pasti memiliki yang namanya company profile. Ini adalah salah satu media yang digunakan untuk menjelaskan tentang perusahaan tersebut. Biasanya di dalamnya meliputi beberapa hal seperti latar belakang jenis usaha, visi, misi juga yang lainnya, jadi baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar biasanya mereka akan memiliki yang namanya company profile ini. Gunanya memang bisa digunakan untuk apa saja misalkan untuk promosi, dan banyak lagi yang lainnya.

Apa itu company profile?

Company profile merupakan deskripsi singkat sebuah perusahaan yang menggambarkan kualitas serta  fokus  dari perusahaan itu sendiri. Membuat company profile  merupakan sebuah keharusan, hal ini bertujuan agar mendapatkan banyak perhatian dari banyak orang. Disamping itu perusahaan anda juga akan terlihat lebih profesional dan berkelas. Terkadang company profile ini juga menjadi salah satu sumber bacaan bagi publik yang ingin mengetahui tentang informasi perusahaan tersebut. Tentunya perusahaan harus go public dan dikenal oleh masyarakat, salah satunya adalah dengan membuat sebuah company profile yang akan disebarkan dan bisa diakses oleh masyarakat.

Apa manfaat company profile?

Company profile adalah wajah dari perusahaan anda. Jika company profile nya bagus maka citra perusahaan anda akan ikut bagus, begitu pulsa sebaliknya. Dibuatnya company profile ini tentu Bukan Tanpa Alasan, ada banyak alasan kelebihan dan keuntungan yang bisa didapatkan dari pembuatan company profile ini. Dengan kata lain ini akan sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis di masa yang akan datang.Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Mendapat perhatian orang
  • Agar terlihat lebih profesional
  • Sebagai salah satu syarat mengikuti komunitas
  • Untuk mengajukan penawaran investasi
  • Untuk pengajuan pinjaman
  • Syarat pengajuan kerjasama

Beberapa Komponen Yang Ada Dalam Company Profile

Ketika anda membuat company profile maka ada beberapa komponen yang harus anda masukkan kedalamnya. Pembuatan company profile tentunya didasarkan oleh beberapa komponen tertentu. Nah jika anda bekerja di perusahaan lalu kemudian disuruh membuat company profile maka anda harus tahu komponen apa saja yang harus disiapkan. Beberapa komponen yang harus ada dalam company profile diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Informasi dasar perusahaan
  • Profile perusahaan
  • Pencapaian perusahaan

Bagaimana cara membuat company profile?

Nah jika anda ingin membuat company profile, berikut ini saya uraikan langkah-langkah cara membuat company profile secara mendetail. Silahkan anda simak dengan baik:

A) Informasi dasar perusahaan dan bisnis

Hal pertama yang harus anda buat adalah informasi dasar bisnis dan perusahaan anda. Beberapa hal yang harus tercantum sebagai informasi dasar company atau perusahaan anda adalah sebagai berikut:

  1. Nama resmi perusahaan lengkap dengan PT atau CV
  2. Tanggal berdiri perusahaan
  3. Alamat kantor
  4. Nomor telepon
  5. Alamat website
  6. Alamat email
  7. Akun media sosial jika ada

B) Profile perusahaan

Nah berikutnya adalah membuat profil perusahaan.  Dalam profil perusahaan ini ada beberapa komponen yang juga harus anda lengkapi diantaranya adalah seperti:

  1. Latar belakang perusahaan
  2. Visi dan misi perusahaan
  3. Deskripsi produk atau layanan perusahaan
  4. Sejarah bisnis, ekspansi dan perubahan bisnis
  5. Pemangku kebijakan atau orang penting di perusahaan
  6. Portofolio

C) Pencapaian perusahaan

  • Penghargaan yang diperoleh
  • Sertifikat penghargaan
  • Testimoni
  • Pengakuan dari berbagai media masa
  • Angka dan hasil penjualan

Cara membuat company profile ini bisa anda buku kan kedalam dokumen penting perusahaan. Disamping itu anda juga sebaiknya memasukkan company profile ke website perusahaan. Sebaiknya anda gunakan beberapa penjelasan diatas sehingga anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah.