Cara Membuat Surat Pernyataan dengan Benar

Surat pernyataan adalah jenis surat yang didalamnya berisikan tentang suatu pernyataan diri seseorang. Biasanya tujuan dari surat ini yaitu untuk menerangkan bahwa ada pihak yang pernah atau bahkan belum pernah sama sekali melakukan sesuatu. Dalam arti lain, surat pernyataan juga bisa dikatakan sebagai pernyataan dengan tujuan mengemukakan kesanggupan seseorang untuk bersedia menanggung segala resiko yang bersangkutan. Surat ini termasuk kedalam surat yang berkaitan dengan hukum, dimana untuk cara membuat surat pernyataan harus dibubuhi materai dan tidak bisa dibuat sembarangan. 



Kadang memang surat tersebut benar-benar dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Anda sebaiknya memang memahami dan menyadari akan hal itu. jika anda anda memang bekerja dalam instansi tertentu, pastinya ini sangat penting sekai untuk diuketahui karena dengan begitu nanti saat anda membutuhkan itu, maka  kemudian anda bisa membuatnya sendiri tana pusing dan juga tanpa ribet lagi nyari tahu. Atau kalau mungkin saat ini  anda sedang mencari informasi itu, maka anda sekarang ada dalam situs yang tepat karena  disini akan dijelaskan detail tentang hal tersebut.

Beragam Jenis Surat Penyataan

Sebelumnya akan sangat bagus dan disarankan untuk anda ketahui bahwa surat penyataan itu ada banyak sekali jenisnya. Dengan kata lain surat pernyataan itu memang bisa dibuat untuk beberapa kebutuhan sebetulnya salah satunya mungkin dalam bisnis, penyelesaian hukum dan  lainnya. Namun selama ini di masyarakat, maka ada beberapa jenis surat pernyataan yang memang sering sekali  digunakan atau dibuat. Apakah anda tahu apa saja jenis surat pernyataan yang dimaksud tersebut? anda akan bisa  menyimak semuanya dengan baik dan benar serta detail sebagaimana ada dibawah ini:

  • Surat pernyataan jual beli tanah
  • Surat pernyataan bebas narkoba
  • Surat pernyataan komitmen bekerja
  • Surat pernyataan tidak kawin lagi/selingkuh
  • Surat pernyataan kesanggupan
  • Surat pernyataan pertanggung jawaban, dll

Contoh Yang Benar Cara Membuat Surat Pernyataan

Nah kemudian yang jadi pertanyaan selanjutnya sebetulnya adalah tentang bagaimana sih cara membuat surat yang cocok dan tepat untuk kebutuhan pernyataan tersebut. Untuk membuat surat pernyataan, ada beberapa hal dan langkah yang harus diperhatikan. Pahami cara membuat surat pernyataan yang benar sehingga bisa digunakan sesuai dengan keperluan. Nah, simak berikut ini cara untuk membuat surat pernyataan!

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat surat pernyataan yang baik dan benar yaitu dengan memperhatikan penulisan nama surat pernyataan yang diketik atau ditulis pada tengah-tengah huruf kapital.
  2. Isi surat pernyataan harus lengkap, jelas apa yang dimaksudkan dan terdiri dari identitas pihak yang membuat surat tersebut.
  3. Pastikan isi suratnya sesuai dengan kesungguhan yang ada dan tidak ada unsur paksaan dalam proses pembuatannya.
  4. Jangan lupa untuk menyertakan identitas dari pihak yang menyatakan bahwa surat itu dibuat dengan keterkaitan pihak lain.
  5. Di bagian penutupnya, sertakan tempat dan tanggal surat tersebut dibuat. Kemudian lengkapi dengan identitas pihak yang membuat surat, mulai dari nama terang, tanda tangan, dan keterangan lain yang dianggap penting untuk disertakan.
  6. Surat pernyataan dibuat di kertas HVS yang bagian atasnya tidak perlu menggunakan kop surat, kemudian ditandatangani oleh pegawai.
  7. Jangan lupa tempelkan materai yang sesuai dengan aturan bea materai yang berlaku.
  8. Surat pernyataan bisa dibuat dalam bentuk yang sederhana atau dalam bentuk resmi atau dalam bentuk setengah balok, hal ini tergantung kebutuhan.
  9. Di dalam surat pernyataan harus disertakan blangko.
  10. Bahasa yang digunakan dalam surat pernyataan harus sopan, akan lebih baik jika menggunakan penerapan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).
  11. Surat pernyataan sebaiknya tidak dibuat dengan tulisan tangan, melainkan dibuat dengan cara diketik agar terlihat rapi.

Surat pernyataan tentunya dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Surat pernyataan resmi biasanya menggunakan materai tempel dan dibubuhkan tanda tangan. Dengan begitu maka kekuatan dari surat penyataan bisa menguat secara hukum dan bisa dipertanggung jawabkan.

Dalam membuat surat pernyataan tentu saja harus memenuhi syarat dan ketentuan yang seharunya. Hal ini supaya surat pernyataan yang dibuat tentu saja legal dan bisa dipertanggung jawabka secara hukum sesuai keperluan dalam segala hal.