-->

Kenapa Set Top Box Tidak Ada Sinyal? 5 Penyebab dan Solusi

Beberapa diantara penggunaan set box TV digital Mungkin ada yang mengalami masalah tidak ada sinyal. Nah yang jadi pertanyaan adalah tentang alasan kenapa set top box tidak ada sinyal. Maka dari itu di sini kita coba cari tahu dan pelajari beberapa faktor penyebab sekaligus solusi untuk mengatasinya.

Set box TV sendiri menjadi salah satu hal yang populer baru-baru ini. Pasalnya memang barang tersebut jadi laku di pasaran setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menghapus siaran Analog dan berpindah ke digital.

Kenapa Set Top Box Tidak Ada Sinyal?

Mau tidak mau televisi yang masih menggunakan versi analog harus membeli set box agar bisa menikmati siaran digital. Namun demikian tentu terkadang masih ada berbagai masalah termasuk meskipun sudah menggunakan set box tapi tidak ada sinyal.

Penyebab Kenapa Set Top Box Tidak Ada Sinyal

Berdasarkan beberapa fakta di lapangan dan juga penelusuran yang dilakukan, sebetulnya ada beberapa faktor penyebab kenapa set top box tidak ada sinyal. Nah disini kita akan Coba jelaskan kepada anda beberapa penyebab yaitu sebagai berikut:

1. Daerah belum tersedia siaran digital

Anda harus pastikan terlebih dahulu apakah daerah Anda memang sudah tersedia siaran televisi digital atau belum. Kalau belum, maka sangat wajar jika kemudian tidak ada sinyal dan set box tidak bisa digunakan.

2. Lokasi antena tidak Pas

Faktor penyebab pertama adalah karena lokasi antena yang Anda gunakan tidak tepat atau tidak cocok. Maka dari itu solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah mencari lokasi antena yang memang pas dengan gelombang sinyal yang diterima oleh set box tersebut.

3. Kualitas antena yang tidak sesuai

Kualitas penggunaan set box yang tidak sesuai juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab selanjutnya. Pastikan anda memilih dan membeli set box yang memang sudah memiliki sertifikasi dari Kementerian kominfo.

4. Masalah Kabel

Faktor penyebab selanjutnya adalah masalah pada kabel. Mungkin saja ada beberapa problem yang terjadi pada kabel yang Anda gunakan sehingga membuat sinyal tidak tersedia termasuk juga konektor komponen Jack yang kotor atau rusak.

5. Setelan STB

Setelan STB seringkali juga menjadi salah satu faktor penyebab selanjutnya. Pastikan anda melakukan proses setting yang benar pada setelan STB yang digunakan tersebut agar bisa digunakan untuk menangkap sinyal.

Jadi beberapa faktor penyebab itulah yang membuat kenapa set top box tidak ada sinyal. Mungkin solusinya juga sudah dijelaskan diatas adalah bergantung pada faktor penyebab yang dimaksud sebagaimana disebutkan.

Baca Artikel Lainnya