-->

4 Pilihan Metode Cara Bayar ERP Jakarta, Wajib Tahu!

Beberapa Jakarta menjadi salah satu wilayah Ibukota yang Berencana untuk menerapkan skema jalan berbayar. Jalan berbayar elektronik yang digunakan seringkali disebut dengan Electronic Road Pricing (ERP). Nah yang jadi pertanyaan dari masyarakat tentunya adalah tentang bagaimana dan seperti apa cara bayar erp jakarta itu bisa dilakukan.

Pemerintah DKI bahkan sudah mengusulkan draft besaran biaya jalan berbayar itu mulai dari Rp5.000 sampai Rp19.900. Biaya tersebut tentunya berlaku untuk sekali melintas dan direncanakan akan mulai diterapkan tahun ini.

Cara Bayar ERP Jakarta

Langkah ini sebetulnya dilakukan atau diambil sebagai salah satu upaya untuk melakukan pengendalian lalu lintas secara elektronik. Rencananya juga pemberlakuan akan dilakukan setiap hari Mulai dari 05.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Beberapa Pilihan Cara Bayar ERP Jakarta

Rencananya memang ada beberapa pilihan metode dan cara bayar erp jakarta yang bisa digunakan oleh masyarakat. Ada beberapa pilihan mekanisme juga yang nantinya bisa dilakukan di mana pembayaran akan menggunakan alat bernama OBU (On Board Unit).

Alat tersebut nantinya akan berisi uang elektronik yang akan langsung terdebet otomatis setiap melintas jalan tersebut. Akan beberapa cara untuk membayar Electronic Road Pricing (ERP) di Jakarta:

  1. Melalui aplikasi mobile: Beberapa aplikasi mobile seperti Go-Jek dan Grab memiliki fitur untuk membayar ERP. Anda cukup mengunduh aplikasi dan mengikuti proses pembayaran yang disediakan.
  2. Melalui mesin pembayaran di jalan raya: Ada mesin pembayaran ERP yang tersebar di jalan-jalan utama di Jakarta. Anda dapat membayar ERP dengan menggunakan uang tunai atau kartu debit/kredit.
  3. Melalui ATM: Beberapa bank seperti Bank BRI dan Bank Mandiri memiliki fitur untuk membayar ERP melalui ATM. Anda perlu mengaktifkan fitur ini dan mengikuti proses pembayaran melalui ATM bank Anda.
  4. Melalui website resmi Jakarta Electronic Toll Collection (JETC): Anda dapat membayar ERP melalui website resmi JETC dengan menggunakan kartu kredit atau melalui transfer bank.

Jadi itulah beberapa pilihan metode dan cara bayar erp jakarta yang sepertinya akan bisa digunakan. Lebih detail tentu kita akan menunggu keputusan dari pihak pemerintah untuk mengetahui informasi lebih lengkap.

Baca Artikel Lainnya