Cara Daftar Bantuan Subsidi Upah BSU Terbaru

Banyak cara yang dilakukan pemerintah untuk membantu pemulihan ekonomi pasca covid-19. Salah satu diantaranya adalah subsidi bantuan upah bagi para pekerja yang gajinya di bawah 3,5 juta.

Nah buat masyarakat yang menginginkan ataupun juga mengharapkan untuk bisa mendapatkan bantuan ini, tidak disarankan untuk mengetahui panduan dan cara daftar. Apakah juga harus memenuhi syarat ketentuan nya terlebih.

Sekilas Tentang Bantuan Upah

Bantuanlah upah subsidi ini sebetulnya merupakan salah satu program yang digagas oleh Kementerian ketenagakerjaan. Tapi kemudian tentunya dana yang didapatkan merupakan bagian dari program pemulihan ekonomi beda dengan bantuan minyak goreng yang diberikan oleh Kementerian ekonomi.

Cara Daftar Bantuan Subsidi Upah Agar Segera Cair

Pemerintah sudah menggelontorkan dana sebesar 8 triliun untuk membantu masyarakat dalam pemulihan ekonomi. Salah satu diantaranya adalah dengan memberikan bantuan an-nur khususnya untuk para pekerja dengan besaran subsidi sebesar Rp1.000.000.

Syarat untuk Bisa Mendapatkan Bantuan Upah

Kemudian bagi para pekerja yang mau mendapatkan bantuan ini disarankan untuk mengetahui tentang syarat ketentuan. Ada berapa syarat ketentuan yang kemudian harus diketahui diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Warga negara Indonesia
  • Peserta aktif program JKN BPJS
  • Memiliki upah sebesar 3,5 per bulan
  • Diutamakan bekerja di sektor barang industri tertentu
  • Bekerja di wilayah yang mengalami PPKM

Panduan Cara Daftar Bantuan Subsidi Upah

Ada beberapa panduan khusus tentunya yang harus diikuti selanjutnya setelah memenuhi persyaratan untuk bisa mendaftar. Adapun paduan dana tutorial cara pendaftarannya, simak sebagai berikut ini:

  1. Kunjungi situs resmi https://bsu.kemnaker.go.id/
  2. Lakukan registrasi akun jika belum memiliki
  3. Melengkapi data yang dibutuhkan dan diperlukan
  4. Lakukan aktivasi akun dengan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone
  5. Lakukan login ke dalam akun
  6. Lengkapi profil data dan tentang diri status dan lainnya
  7. Cek pemberitahuan Apakah Anda masuk program penerima bantuan atau tidak

Para peserta yang sudah memastikan diri lolos tahap verifikasi persyaratan Maka selanjutnya akan ditetapkan sebagai penerima bsu. Proses pencairannya sendiri nanti dilakukan melalui Bank BUMN pemerintah yakni meliputi BRI, BNI, Mandiri, dan BTN) atau Bank Syariah Indonesia (khusus wilayah Aceh).